Introduction to Human Relations

Introduction to Human Relations

Sejarah Human Relations

    Secara umum, Human Relation merupakan komunikasi yang terjadi antar individu secara langsung, dalam semua situasi, membuat rasa kepuasan pada tiap individunya, 

Jack Hallowan dalam bukunya "Applied Human Relation, An Organizational Approach,"  , Gerakan Human Relations dimulai sekitar tahun 1850 ketika perhatian banyak ditumpahkan kepada kebutuhan para pekerja dan tatkala disadari bagaimana kebutuhan tersebut mempengaruhi keseluruhan produktivitas. Dahulu para manajer memandang para pekerja sebagai komoditi untuk dijual dan dibeli seperti komoditi lainnya. Bekerja sehari-harian yang teramat lama dengan upah yang rendah serta kondisi kerja yang menyedihkan merupakan kenyataan bagi kehidupan rata-rata pekerja. Persatuan kaum buruh masih berjuang untuk dapat berdiri dan masih belum dapat memenangkan hak untuk mewakili kekuatan kaum buruh.

Frederick Taylor muncul sekitar peralihan abad dengan teorinya yaitu "scientific management." Produktivitas yang lebih besar akan dapat diperoleh dengan memerinci tugas-tugas secara khusus. Tujuan utamanya dengan teori ini ialah untuk menghilangkan antagonisme antara majikan dan bawahannya.


Tujuan Human Relations

  • kepuasaan hati para karyawan
  • semangat kerja yang tinggi 
  • kerjasama yang tinggi 
  • moral yang tinggi 
  • disiplin yang tinggi 
  • produksi yang tinggi, baik kualitas maupun kuantitas 
  • loyalitas yang tinggi dari para karyawan

Pentingnya Human Relations

    Adanya Human Relations adalah sebagai penghubung antar satu sama lain, di sini sifat hubungan tidak seperti orang berkomunikasi biasa, bukan hanya merupakan penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain, tetapi hubungan antara orang-orang yang berkomunikasi itu mengandung unsur-unsur kejiwaan yang amat mendalam. Sehingga dapat menghubungkan antara atasan dengan bawahan, bawahan dengan atasan dan bawahan dengan bawahan.

Human Relations mengatasi hambatan komunikasi, menghindari adanya miskomunikasi atau salah pengertian, mengembangkan sifat dan perilaku manusia.


Tantangan Human Relations dalam sebuah Organisasi

Terdapat 4 aspek dalam tantangan Human Relations dalam sebuah organisasi :

1. Globalisasi
          Globalisasi adalah terbukanya perspektif lokal dan nasionalistik ke pandangan yang lebih luas dari dunia (global) yang saling berhubungan dan saling bergantung.

2.  Terorisme
            Terorisme adalah perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman yang menimbulkan teror atau rasa takut secara meluas terhadap sekelompok masyarakat,

3, Perubahan Iklim
            Perubahan iklim adalah perubahan pola dan intensitas unsur iklim dalam periode waktu yang sangat lama. Kita sudah tidak asing lagi dengan kata iklim, perubahan iklim ini harus segera ditangani mulai dari pemerintah hingga individu.

4. Perubahan Demografi
            Dibanding dengan 3 aspek yang diatas, aspek ini cukup jinak. Tanpa kita sadari perubahan demografi adalah fenomena yang sedang terjadi. Pembahasan mengenai suatu populasi usia, ras, pendapatan, dan tingkat pendidikan,

Perkembangan Human Relations

    Human Relations semakin diperhatikan di negara yang sudah maju. Human Relations dianggap penting karena dapat menyelesaikan berbagai masalah mengenai manusia dalam manajemen, tidak hanya itu Human Relations juga dianggap penting untuk menghilangkan akibat adanya salah komunikasi dan salah interpretasi yang terjadi di dalam organisasi dengan publik di luar organisasi.

Manfaat Human Relation

    Adanya Human Relations hubungan antar atasan dan bawahan dapat dibilang baik. Karena manajemen melihat kemampuan karyawan tersebut, sehingga karyawan akan puas dalam bekerja jika ia diposisikan sesuai dengan keinginannya.


Studi Kasus : 

"Pemecatan Sepihak pada Karyawan Hotel Unicorn"

    Hotel Unicorn adalah hotel bintang tiga yang berada di kota Surabaya, Jawa Timur. Hotel tersebut sangat tidak nyaman bagi karyawannya di karenakan atasannya yang tidak bertanggung jawab dalam tugasnya. Kasus yang sering kali terjadi di sebuah perusahaan ini adalah adanya tindak pemecatan yang dilakukan oleh pihak atasan dari Hotel Unicorn kepada karyawannya. Terlebih lagi mengeluarkan seseorang hanya karena alasan pribadi. 

    Citra Hotel Unicorn jelas sudah merusak citranya sendiri, di karenakan para karyawan telah melaporkan kepada pihak yang berwenang untuk mengurusi dan menindak lanjuti kasus tersebut.Dengan masalah seperti ini membuat para karyawan pasrah dengan keadaan tersebut dan bekerja hanya ala kadarnya saja. 

    Jelas sekali dalam perusahaan ini tidak berjalan baik dalam proses Human Relations, di karenakan tidak adanya proses komunikasi atau musyawarah terlebih dahulu. Seharusnya perusahan ini memiliki Human Relations sebagai penghubung antara atasan dan bawahan. Tidak hanya itu, seperti yang sudah dijelaskan diatas tujuan Human Relations banyak sekali untuk sebuah perusahaan. Kita sudah bisa lihat betapa pentingnya Human Relations dalam sebuah perusahan.




Komentar