Introduction to Human Relations
Introduction to Human Relations
Sejarah Human Relations
Secara umum, Human Relation merupakan komunikasi yang terjadi antar individu secara langsung, dalam semua situasi, membuat rasa kepuasan pada tiap individunya,
Jack Hallowan dalam bukunya "Applied Human Relation, An Organizational Approach," , Gerakan Human Relations dimulai sekitar tahun 1850 ketika perhatian banyak ditumpahkan kepada kebutuhan para pekerja dan tatkala disadari bagaimana kebutuhan tersebut mempengaruhi keseluruhan produktivitas. Dahulu para manajer memandang para pekerja sebagai komoditi untuk dijual dan dibeli seperti komoditi lainnya. Bekerja sehari-harian yang teramat lama dengan upah yang rendah serta kondisi kerja yang menyedihkan merupakan kenyataan bagi kehidupan rata-rata pekerja. Persatuan kaum buruh masih berjuang untuk dapat berdiri dan masih belum dapat memenangkan hak untuk mewakili kekuatan kaum buruh.
Frederick Taylor muncul sekitar peralihan abad dengan teorinya yaitu "scientific management." Produktivitas yang lebih besar akan dapat diperoleh dengan memerinci tugas-tugas secara khusus. Tujuan utamanya dengan teori ini ialah untuk menghilangkan antagonisme antara majikan dan bawahannya.
Tujuan Human Relations
- kepuasaan hati para karyawan
- semangat kerja yang tinggi
- kerjasama yang tinggi
- moral yang tinggi
- disiplin yang tinggi
- produksi yang tinggi, baik kualitas maupun kuantitas
- loyalitas yang tinggi dari para karyawan
Pentingnya Human Relations
Tantangan Human Relations dalam sebuah Organisasi
Perkembangan Human Relations
Manfaat Human Relation
Studi Kasus :
.jpeg)
Hotel Unicorn adalah hotel bintang tiga yang berada di kota Surabaya, Jawa Timur. Hotel tersebut sangat tidak nyaman bagi karyawannya di karenakan atasannya yang tidak bertanggung jawab dalam tugasnya. Kasus yang sering kali terjadi di sebuah perusahaan ini adalah adanya tindak pemecatan yang dilakukan oleh pihak atasan dari Hotel Unicorn kepada karyawannya. Terlebih lagi mengeluarkan seseorang hanya karena alasan pribadi.
Citra Hotel Unicorn jelas sudah merusak citranya sendiri, di karenakan para karyawan telah melaporkan kepada pihak yang berwenang untuk mengurusi dan menindak lanjuti kasus tersebut.Dengan masalah seperti ini membuat para karyawan pasrah dengan keadaan tersebut dan bekerja hanya ala kadarnya saja.
Jelas sekali dalam perusahaan ini tidak berjalan baik dalam proses Human Relations, di karenakan tidak adanya proses komunikasi atau musyawarah terlebih dahulu. Seharusnya perusahan ini memiliki Human Relations sebagai penghubung antara atasan dan bawahan. Tidak hanya itu, seperti yang sudah dijelaskan diatas tujuan Human Relations banyak sekali untuk sebuah perusahaan. Kita sudah bisa lihat betapa pentingnya Human Relations dalam sebuah perusahan.

Komentar
Posting Komentar